Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran | Gunung Api Purba Hingga Pesona Sunset Eksotis Dan Kebun Buah

Embung Nglanggeran adalah sebuah objek wisata yang baru booming di kalangan para wisatawan di Yogyakarta, Embung Nglanggera ini tepatnya terletak di Desa Nglanggeran Wetan, kelurahan Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kaupaten Gunung Kidul. Embung Nglanggeran ini dahulunya merupakan bukit yang di pangkas dan dijadikan telaga buatan diatas bukit, embung ini dahulunya dirancang digunakan sebagai pengairan kebun buah di sekelilingnya.

embung-nglanggeran

Perjalanan menuju  Embung Nglanggeran ini dapat di tempuh dari pusat Kota Yogyakarta kira – kira 1 jam 15 menit. Jika menuju Ke Embung Nglanggeran saya infokan mohon menggunakan kendaraan Pribadi, karena perjalanan yang lumayan jauh, dan transportasi yang cukup sulit di jangkau dengan transportasi umum. Ambil Arah Perjalanan anda menuju jalan raya Jogja – Wonosari, perjalanan yang lumayan memacu adrenalin, karena jalan yang berkelok kelok dan menanjak terus hingga anda tiba di lokasi Embung Nglanggeran.

Tiket Retribusi masuk obyek wisata ini gak mahal kok, dengan retribusi masuk Rp 7 ribu rupiah plus parkirnya, anda sudah bisa menikmati pemandangan wisata alam yang sangat memeuaskan dan memanjakan mata.

Embung Nglanggeran ini menyajikan Pemandangan yang sangat Indah dan Eksotis jika di kala Senja atau Pagi hari. Pemandangan yang masih benuansa Natural dan di hiasi  sajian tebing – tebing batu yang menjulang Tinggi, serta telaga buatan yang membiaskan sinar cahaya matahari menambah pemandangan semakin menarik. Disekeliling telaga Embung Nglanggeran ini terdapat tempat duduk yang terbuat dari bongkahan batu yang ditata rapi di jadikan tempat duduk, serta gubuk pandang. Jadi sahabat Traveller gak usah khawatir.

Selain pemandangan yang menarik, bagi sahabat Traveller yang suka dengan  alam anda bisa melanjutkan pendakian hingga menuju puncak Gunung Api Purba, Diatas bukkit  jalur pendakian disana sahabat bisa menemukan sebuah Desa yang terletak di atas Bukit yang konon ceritanya Desa ini hanya dihuni oleh 7 keluarga saja, maka desa ini terkenal dengan sebutan Misteri Desa Tujuh.Selain Misteri Desa Tujuh, wisata Embung Nglanggeran ini menyajikan Wisata Kebun Buah Durian dan Kelengkeng.

WAKTU YANG TEPAT MENGUNJUNGI EMBUNG NLANGGERAN

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Wisata Embung Nglanggeran ini paling tepat Dikala Senja, ketika maahari perlahan tenggelam dan cahaya matahari yang sudang mulai berwarna Jingga, tempat Wisata ini ramai di kunjungi.

Ketika malam hari tempat ini juga ramai di kunjungi dengan pemandangan yang remang – remang yang berhiaskan lambu taman di sekeliling bukit dan sekeliling taman yang membuat suasana romantis bagi kalangan muda, pemandangan Kota Jogja dimalam hari terlihat dengan jelas dengan kelap kelip lampu kota.

Ketika Pagi hari, tempat wisata ini lumayan ramai jika berkunjung pas weekend tiba, pemandangan SUNRISE yang indah dibalik bukit dan tebing – tebing batu yang menjulang tinggi menambah semangat untuk berlama – lama di tempat ini.